Cara belajar efektif

Bismillah
*sebenarnya ini adalah tipe tipe kecerdasan majemuk padaanak, tapi tampaknya orang dewasa juga perlu tahu, biar tahu bagaimana cara belajar yang efektif*
Model Kecerdasan Majemuk ( Multiple Intelligences) dikembangkan oleh Howard Gardner. Model ini dapat digunakan untuk mengenali tipebelajar seseorang sesuai dengan jenis kecerdasan yang menonjol. Tipe tipe ini diantaranya adalah tipe pembelajar visual, Auditori, verbal, fisik, logis, sosial dan penyendiri,
Tipe Visual (spatial).
Tipe visual banyak belajar dan menyerap informasi dari apa-apa yang dilihatnya.
Mereka sangat menyukai gambar, warna, diagram, dan segala yang terlihat, baik dalam bentuk 2 dimensi atau 3dimensi. Tipe visual biasanya juga spasial, pandai membayangkan ruang 3 dimensi. Jika bepergian ke suatu tempat, mereka tidak mengingat berdasarkan nama jalan, tetapi bangunan atau simbol yang mereka lihat sebagai penanda visual.
*. Media dan cara belajar:
menggunakan gambar, diagram,grafik, warna-warni, besar-kecil, belajar berkhayal secara visual, membayangkan sebuah konsep/informasi dengan: tempat, bentuk, warna, menggunakan layout, spasial, peta, maket, realitas
permainan: kamera, pensil/spidolwarna, balok aneka warna,
ganti kata dengan gambar; bantu pemahaman kata denganwarna

Tipe Aural (auditory-musical).
Anak aural menyerap informasi dengan pendengaran; baik suara maupun musik.
Mereka sensitif dengan intonasi, irama, dinamika, tempo, keras-pelan, suara jauh-dekat. Anak aural belajar sambil mendengarkan musik, tidak menyukai “kesunyian”. Mereka senang bersenandung, membuat nada/rima sendiri. Bagi anak aural, bunyi/nada/lagu membawa pada sebuah emosi atau peristiwa tertentu. Walaupun sedang membaca buku, mereka membutuhkan suara/musik untuk menemaninya.
*. Media dan cara belajar:
menggunakan metode ceramah/kuliah
menggunakan melodi untuk teks; bergumam
membaca dengan suara keras (read aloud)
membangun suasana musikal utk menciptakan suasana
menggunakan media audio visual CD/VCD
mendengarkan kuliah/pidato/radio di rumah dan jalan

Tipe Verbal (linguistic).
Tipe verbal menyukai kata danbahasa. Mereka pandai membuat distingsi makna kata, baik secara lisan maupun tulisan. Tipe verbal memilih kata, berkata-kata atau menulis secara terstruktur dengan pilihan kata/kalimat yang baik. Mereka sensitif terhadap pilihan kata dan mengingat sebuah tempat/peristiwa/konsep dengan nama dan kata-kata kunci. Anak-anak verbal biasanya senang membaca dan menulis; membuat sajak, puisi, diari, rima, berpidato, dan sebagainya.
*. Media dan cara belajar:
menggunakan cara yang umum seperti di kelas; buku dan ceramah
melakukan diskusi
membaca dan menulis
bermain peran (role-playing)

Tipe Fisik (kinesthetic) .
Tipe pembelajar fisik menggunakan anggota badan mereka untuk belajar. Mereka
senang mencoba dan melakukan segala sesuatu sendiri ( learning by doing ). Mereka belajar dengan cara: menyentuh, membangun, memperbaiki, membuat. Merekaseringkali tidak sabar membacabuku petunjuk atau diagram, dan langsung ingin mencoba melakukan sendiri. Anak-anak fisik sensitif terhadap tekstur, cara kerja, dan realitas fisik yang terlihat nyata di hadapannya. Mereka tidak sukaberkhayal atau membayangkan.
*. Media dan cara belajar:
menggunakan pekerjaan tangan, hands-on projects
menulis, menggambar, membuatmaket
merakit benda, memperbaiki barang rusak, membuat rancangan
berolahraga dan permainan
aktivitas di luar rumah (outdoor activities)
drama dan permainan peran
balok, robot, mesin, alat-alat olahraga

Tipe Logis (mathematical)
Tipe pembelajar logis menggunakan logika, argumen, dan mencari pola k
eteraturan. Mereka juga senang mencari struktur dan pola dari segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Mereka pandai mencari hubungan, membuat perbandingan, memilah dan membuat klasifikasi. Tipe pembelajar logissenang melakukan pekerjaan mental/berfikir.
Tipe logis adalah tipikal anak yang berhasil di model belajar seperti sekolah. Masyarakat saat ini sangat menghargai anak logis.
*. Media dan cara belajar:
menggunakan buku & teori mengenai berbagai hal
bermain puzzle dan teka-teki
membuat aturan dan prosedur yang jelas
membuat rencana dan jadwal

Tipe Sosial (interpersonal)
Tipe sosial memiliki kecenderungan untuk bergaul dan berkelompok secara sosial. Mereka supel dan pandai bergaul dengan siapapun, baik dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua/lebih muda. Orang mendengarkan dan menyukai mereka. Mereka menikmati pertemanan, berbagicerita atau ilmu dengan orang lain. Anak sosial mendapatkan ilmu dari mendengarkan orang lain atau mencari umpan balik dari respon orang lain terhadap apa-apa yang disampaikannya.
*. Media dan cara belajar:
mengikuti kelompok, klub, organisasi
melakukan proyek yang dikerjakan bersama
berdiskusi dan bermain peran (role-playing)
melakukan kegiatan lapangan yang melibatkan banyak orang
mengikuti seminar atau trainingdengan sistem kelas

Tipe Penyendiri (intrapersonal).
Tipe penyendiri memiliki kecenderungan pendiam dan reflektif. Mereka lebih efektif untuk belajar jika seorang diri,bukan dalam kelompok. Tipe ini biasanya memiliki kecenderungan untuk mandiri, mengenali kekuatan dan kekurangan pribadi. tipe ini penyendiri sensitif terhadap pribadi dan kedalaman saat mempelajari atau mengerjakan sesuatu.
*. Media & cara belajar:
menekuni hobi atau sesuatu yang ditekuni
mengeksplorasi buku atau materi-materi yang bisa dilakukan sendiri
mengerjakan proyek mandiri
membuat jurnal, diari, blog
http://irilaslogo.wordpress.com/2011/06/04/tipe-tipe-belajar/

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s