Laskar Netter Blog

Wkwk laskar neter .. http://laskarnetter.wordpress.com/

Sedikit cerita
Jakarta, gusdur.net
KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)menyatakan dirinya tidak setuju dengan rencana melarang laskar-laskar yang dibentuk masyarakat.
“Saya berharap pemerintah jangan menggeneralisir laskar-laskar itu, itu melanggar hak asasi manusia. Karena menurut konstitusi kita berserikat dan berkumpul dijamin hak-haknya.”
Demikian Gus Dur menyampaikan itu di depan peserta Forum Diskusi Ahli Jelang Ramadhan dengan tema “Islam and or Indonesia Attack” di Kampus Universitas Indonesia, Depok , Selasa (5/11) pagi.
Mengenai penilaian bahwa ketentraman antar umat Islam sudah luntur, Gus Dur menjelaskan hal itu karena dalamwaktu puluhan tahun ini, Islam telah mengalami perubahan besar.
Karena umat Islam saat ini lebih banyak mementingkan institusi Islam dan melupakan budaya Islam. “Jadi ketentraman merupakan budaya Islam,” kataGus Dur.
Budaya Islam itu, kata Gus Dur, saat ini terdesak oleh egoisme institusi. “Kalau sudah kelompok satu Islam digunakan seolah-olah suci dan jadilah dia akan berhadapan dengan yang lain-lain.”
Jadi kita harus mendorong umat muslim untuk berbudaya Islam dari pada mementingkan istitusi. “Menurut saya, NU atau PKB mau surut itu tidak masalah, yang penting Islamnya jalan terus,” tegas Gus Dur.
Menurut Gus Dur, saat ini Islam mengalami formalisasi yang luar biasa, berbeda saat para tokoh Islam menyepakati dasar negara. “Mereka bersepakat untuk memisahkan Islam dari urusan negara. Islam menjadi urusan masing-masing pemeluknya, negara punya urusan sendiri.”
Gus Dur melanjutkan, terjadi ketertinggalan umat Islam dalam memahami agamanya sendiri. “Pendangkalan ini karena mereka hanya mempelajari kitab suci Al-Quran dan Sunah nabi, belum mempelajari penafsirannya.”
Penafsiran keduanya itu, kata Gus Dur, yaitu dengan mempelajari sejarah perkembangan Islam. “Kalau ini dibuang dengan alasan purifikasi (pemurnian -red) Islam, ini akan menjadikan pendangkalan Islam.”
Gus Dur menyatakan, ia pun tidak yakin jika pelaku pengeboman di Bali adalah kelompok Islam. “Belum tentu itu, karena itu saya minta aparat kepolisian jujur dalam memeriksa Abu Bakar Ba’asyir.”

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s