Batuk dan Pilek

tas@dmin blog || Artikel ini saya posting karena saat ini lagi terserang pilek, rasanya kepala mau pecah. Setelah sakit begini baru sadar bahwa nikmat sehat harus kita syukuri.
Dari hasil pencarian saya menggunakan mesin pencari saya menemukan artikel berikut

Batuk adalah suatu refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing dari saluran pernafasan, sedangkan pilek adalah suatu gejala adanya cairan encer atau kental dari hidung yang disebut ingus.
Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluranpernafasan.
Pilek bisa juga karena alergi. Antihistamin (AH1) berfungsi untuk pengobatan simtomatik berbagai penyakit alergi dan mencegah atau mengobati mabukperjalanan. Penyakit alergi tipe eksudatif akut dapat diobati olehAH1 tetapi efeknya hanya membatasi dan menghambat efekhistamin yang dilepaskan pada saat reaksi antigen-antibodi terjadi.
Cara Mengobati Batuk Pilek
*. Banyak mengkonsumsi bnayk cairan untuk mencairkan ledir yang ada di tenggorokan.
*. Istirahat yang cukup.
*. Mengkonsumsi obat yang sesuaidengan penyakit yang diderita.Jauhkan obat-obatan yang berguna untuk mengatasiberbagai jenis penyakit seperti:batuk,pilek,hidung tersumbat,dan demam dalam satu obat,kecuali memang semua gejala itu memang anda derita.
*. Mengkonsumsi obat yang berguna untuk mencairkan dahak.Jauhkan obat batuk yang berguna menekan batuk karena dapat menghambat lender yang akan keluar.
*. Hindari mengkonsumsi obat bebas untuk anak dibawah usia2 tahun.
*. Berkonsultasi dengan dokter apabila dalam waktu 2 hari setelah mengkonsumsi obat di luar resep dokter tidak ada perubahan.

Apa Penyebab Batuk Pilek ?
Batuk Pilek pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan saluran sinus. Setiap udara yang hita hirup itu banyak mengandung banyak virus yang sangat berbahaya yang dilindungi oleh saluran pernapasan sebelum masuk kedalam tubuh manusia. Salah satu benuk perlindungan tubuh yang paling utama adalah hidung.Hidung bisa di andalkan untuk menangkap dan menstabilkan pathogen. Pada sistem penghangat bagian terpusat minimnya udara segar. Membran lender salah satu hidung dan sinus akan meradang /membesar dan dapat tersumbat oleh lendir yang kental. Apabila sistem pernapasan tidak bisa mengatasipathogen secara efektif, pathogen akan masuk kedalam tubuh dan dapat merusak sel, sehingga dapat menyebabkan peradangan dan berbagai gejala batuk pilek.
Pada umumnya hal yang dapat menyebabkan batuk pilek biasanya disertai demam atau flu.Penyakit batuk tanpa pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu tidak diperlukan untuk mengkonsumsi antibiotik. Batuk yang disebabkanoleh virus bisa berlangsung kurang lebih sekitar 2 minggu.
Tanda –Tanda Batuk Pilek
Berikut ini adalah tanda – tanda orang yang terserang penyakit batuk pilek,sbb:
1. Bersin – Bersin
2. Mata berair
3. Sakit tenggorokan karena membrane lendir yang meradang
4. Menggigil
Meningkatnya suhu badan saat berusaha membunuh kuman yangmasuk. Tanda – tanda yg bisa diketahui meningkatnya suhu badan adalah rasa sakit pada persendian dan rasa lesu. Tanda ini datang karena tersebarnya virus yang luar lokasi utama infeksi(didalam hidung dan tenggorokan), melalui aliran darah denqan organ tubuh lainnya.
Cara Mencegah dari batuk Pilek
Berikut ini adalah cara untuk mencegah dari penyakit batuk pilek:
* Olahraga secara teratur.
* Istirahat dan tidur yang cukup.
* Mejaga pola makan yang seimbang
* Hindari stress
* Hindari merokok/asap rokok.
* Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
* Banyak mengkonsumsi air putihdan Jus buah agar terhindar dari dehidrasi dan dapat mencegah lapisan didalam tenggorokan supaya tidal kering,serta dahak menjadi cair dan gampang untuk dikeluarkan.
* Hindari minuman yang bersoda dapat memperparah dehidrasi
* Hindari minuman yang mengandung alcohol.
* Mandi dengan menggunakan airhangat karena bisa meningkatkan kadar kelembapan udara dan dapat meredakan batuk yang tidak berdahak.
Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa hampir semuamasalah pernapasan di akibatkanoleh pola hidup yang tidak sehat.Minimnya udara segar dan olahraga, pernapasan yang pendek, sikap tubuh yang tidak stabil, merokok dan polusi udara bisa membebani paru-paru.Dan mengkonsumsi banyak produk susu, gula, dan karbohidrat yangberbentuk olahan bisa membebani tubuh karena dapat melemahkan stamina dan meningkatnya produksi lendir. Kesehatan yang baik adalah kesehatan yang dapat menghubungkan pola hidup yang teratur. Dan apabila salah satu sapek kehidupan tidak teratur dapat menyebabkan semakn lemahnya stamina tubuh.
Pengobatan Batuk Pilek Dengan Cara Alami
Apabila kita sudah terkena gejalabatuk pilek, berikut ini adalah pengobatan alami untuk meredakan dan membantu untukmeringankan rasa sakit :
1. Memastikan tubuh anda mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup,agar terlepassebentar dari aktivitas sehari-hari dan diusahakan agar tidakstress. Tubuh perlu istirahat agar bisa melawan penyakit.
2. Banyak mengkonsumsi cairan,seperti air putih dan jus buah.
3. Mengkonsumsi sayuran yang hangat dengan bumbu bawang putihakan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang berguna untuk antimikroba, antivirus dan antiprotozoa.
4. Mengkonsumsi vitamin C dengandosis yang tepat, meskipun tidak dapat mengobati, tetapi paling tidak bisa meredakan penyakit atau mempersingkat selang waktu terjadinya gejala.
5. Minyak Esensial yang mempunyai eucalyptus dan mentol sudah lama dipakai untuk mengobati batuk pilek dan flu. Menthol banyak ada pada minyak peppermint dan eucalyptus ada pada minyak eucalyptus.
6. Untuk mengobati batuk,buat ramuan yang terdiri dari madu dan jeruk nipis. Jika sudah cukup parah buat ramuan yangterbuat dari lidah buaya dan madu.

Courtesy : batukpilek.com

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s